Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia

Aplikasi Antivirus Buatan IndonesiaAplikasi Antivirus Buatan Indonesia. Syalom semuanya, sesuai dengan judul diatas pada kesempatan kali ini NALHACKER ingin share mengenai Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia. Aplikasi antivirus pada umumnya diciptakan dan dikembangkan oleh programer-programer handal dari berbagai negara. Namun, tak mau ketinggalan, programer Indonesia juga ikut membuat serta mengembangkan aplikasi antivirus walaupun sebagian diantaranya hanya didesain untuk menyasar virus-virus lokal.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia

Sejauh ini ada lebih dari 65 Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang dibuat maupun dikembangkan oleh programmer lokal. Sayangnya diantara sekian banyak antivirus tersebut hanya kurang dari 10 yang masih bertahan hingga saat ini. Walaupun memang belum memiliki kemampuan secanggih dan seakurat buatan programmer komputer dari luar, setidaknya sebagai orang Indonesia, hal ini patut kita banggakan dan contohi. Berbagai hal yang menyebabkan terhentinya sebagian besar antivirus lokal adalah riset untuk pengembangannya yang belum memadai baik dari segi biaya maupun sumber daya manusianya yang masih sangat terbatas, selain itu pengembangannya juga dapat dikatakan tidak benar-benar fokus pada project, serta pengembangnya yang juga memiliki kesibukan lainnya.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Ilustrasi Penelitian Virus

Untuk diketahui bahwa membuat dan mengembangkan aplikasi antivirus bukanlah hal yang mudah, berbeda dengan membuat virus yang masih terbilang cukup mudah. Hal ini dikarenakan membuat atau mengembangkan suatu aplikasi antivirus selain membutuhkan biaya dan sumber daya yang baik, juga membutuhkan banyak waktu untuk penelitian dan pengembangannya. Berikut ini adalah beberapa Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang sudah cukup terkenal dan bahkan populer hingga ke mancanegara.

1. PC Media Antivirus (PCMAV)

PC Media Antivirus atau yang biasa lebih dikenal dengan nama PCMAV merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang diciptakan oleh Anton Reinhald Pardede, seorang Praktisi berpengalaman di bidang Komputer. PC Media Antivirus bukanlah antivirus baru melainkan sudah sejak lama beredar dan dikenal luas di Indonesia. PC Media Antivirus juga merupakan Antivirus lokal pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan dalam mengatasi secara tuntas berbagai jenis gangguan virus komputer yang membandel, dengan pengenalan virus terbanyak dan tingkat akurasi pendeteksian yang sangat tinggi. Selain itu PC Media Antivirus memiliki keunggulan lain yakni bersifat dual core engine dimana dapat digabungkan dengan engine antivirus ClamAV yang mampu mendeteksi dan mengenali lebih dari 5 juta virus asing di databasenya.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
PC Media Antivirus (PCMAV)

PC Media Antivirus juga merupakan antivirus lokal pertama yang didistribusikan secara komersial di indonesia dan merupakan satu-satunya antivirus lokal yang memiliki keahlian memperbaiki virus secara tuntas 100%. Pengembang antivirus di PC Media merupakan peneliti ahli di bidang virus komputer dan reverse code engineering sejak tahun 1992. Untuk mendapatkan PC Media Antivirus biasanya anda harus membeli majalah PC Media yang dibuat oleh PC Media Group dan diterbitkan oleh Penerbit terkemuka di Indonesia yaitu Pin Poin Publication. Saat ini versi paling terbaru dari PC Media Antivirus adalah PC Media Antivirus 10.2.9 karena beberapa bulan belakangan ini belum ada versi terbarunya. Anda dapat mendownload PC Media Antivirus 10.2.9 melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
PC Media Antivirus 10.2.9 Zip (Executable) DAILYUPLOADS
PC Media Antivirus 10.2.9 Zip (Executable) MEDIAFIRE
PC Media Antivirus 10.2.9 + ClamAV Zip (Executable) DAILYUPLOADS
PC Media Antivirus 10.2.9 + ClamAV Zip (Executable) MEDIAFIRE

2. An’s Antivirus (Ansav)

An’s Antivirus atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Ansav, merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang dibuat oleh Anvie. Antivirus ini dinamakan berdasarkan nama panggilan atau inisial dari pembuat Antivirus ini yaitu Anvie. Tidak terlalu banyak informasi mengenai programmer yang satu ini. Salah satu keunggulan Ansav adalah sifatnya yang portable, namun dapat juga dipasang pada system menggunakan menu Install yang akan melindungi secara Realtime yaitu Ansav Guard. Selain itu Ansav juga memiliki teknologi Heuristic yang sangat akurat sehingga mampu mendeteksi virus-virus terbaru yang belum ada pada database virusnya.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
An’s Antivirus (Ansav)

Ansav juga menyediakan fitur Plug-In (Add-on) yang berfungsi membantu mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus. Plugin ini berupa Hidden Revealer, Deep Slayer, Process Image Finder, dan RegistryFX yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mudah. Selain itu anda juga dapat membuat Plug-In (Add-on) yang nantinya dapat dipasangkan pada Ansav. Ansav sangat populer pada awal Oktober tahun 2006. Saat ini versi paling terbaru dari An’s Antivirus atau Ansav adalah Ansav 2.0.53. Anda dapat mendownload Ansav 2.0.53 melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
Ansav 2.0.53 (Portable) Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Ansav 2.0.53 (Portable) Zip (Executable) MEDIAFIRE
Ansav 2.0.53 (Full Setup) Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Ansav 2.0.53 (Full Setup) Zip (Executable) MEDIAFIRE

3. Smada Antivirus  (Smadav)

Smada Antivirus atau yang biasa lebih dikenal dengan nama SmadAV merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang dibuat dan dikembangkan pada maret 2007 oleh programmer asal Kalimantan Tengah yaitu Zainuddin Nafarin namun baru dikenal pada akhir tahun 2008. Smada Antivirus atau SmadAV ini merupakan satu-satunya antivirus lokal yang masih bertahan sampai dengan saat ini dan tetap aktif dikembangkan serta terus diupdate setiap bulannya.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Smadav 2018 Build 11.9

Saat ini, Smada Antivirus atau SmadAV digunakan hampir di semua komputer di Indonesia. Smada Antivirus atau SmadAV meyediakan dua versi yaitu gratis dan pro dimana versi pro memiliki sejumlah keunggulan seperti Update Otomatis Online, Fitur Tools di Aplikasi, Setting Anti-Ransomware dan Proteksi di Aplikasi, Daftar Pengecualian, Maximize Form, Setting Tampilan, Password Admin, Izin Penggunaan Profit dan Peningkatan Kecepatan Scan 10x lebih cepat. Saat ini versi paling terbaru dari Smada Antivirus atau SmadAV adalah Smadav 2018 Build 11.9. Anda dapat mendownload Smadav 2018 Build 11.9 dan Smadav 2018 Build 11.9 Pro melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
Smadav 2018 Build 11.9 Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Smadav 2018 Build 11.9 Zip (Executable) MEDIAFIRE
Smadav 2018 Build 11.9 Pro Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Smadav 2018 Build 11.9 Pro Zip (Executable) MEDIAFIRE

4. Compactbyte Antivirus (CompactbyteAV)

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Compactbyte Antivirus (CompactbyteAV)

Compactbyte Antivirus atau yang biasa lebih dikenal dengan nama CompactbyteAV merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang dibuat dan dirilis pada 6 Maret 2007 oleh programmer Yohanes Nugroho. Yohanes Nugroho adalah salah atu Programmer yang cukup handal, selain membuat CompactbyteAV untuk Platform Windows, Yohanes juga membuat aplikasi Alkitab (Bibble) untuk Platform Symbian dan Blackberry. CompactbyteAV merupakan antivirus lokal yang cukup tangguh membasmi virus serta support  semua Operasi Sistem Windows. Saat ini versi paling terbaru dari Compactbyte Antivirus atau CompactbyteAV adalah CompactbyteAV 0.9.4. Anda dapat mendownload CompactbyteAV 0.9.4 melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
CompactbyteAV 0.9.4 Zip (Executable) DAILYUPLOADS
CompactbyteAV 0.9.4 Zip (Executable) MEDIAFIRE

5. Gucup Antivirus (GAV)

Gucup Antivirus atau yang lebih dikenal dengan nama GAV merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia  yang sudah dikenal Indonesia bahkan dunia Internasional, Antivirus ini dibuat pada awal Januari 2007 oleh Yusuf Theretsa Patiku, seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Gucup Antivirus atau GAV ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#. Kelebihan dari Gucup Antivirus atau yang lebih dikenal dengan nama GAV ini adalah mampu memeriksa proses virus yang sedang aktif di memory dengan sangat akurat, kemudian proses scanning yang juga sangat cepat, serta mampu melakukan scanning pada file arsip seperti rar maupun zip.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Gucup Antivirus (GAV)

Gucup Antivirus atau GAV juga memiliki keunggulan lain yakni dapat memperbaiki dan memisahkan file, dokumen dan aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus seperti  Backdoor.Win32.Delf.axz, Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd, DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk) serta beberapa virus lainnya. Gucup Antivirus atau GAV mulai dikenal dan populer pada pertengahan tahun 2007. Saat ini versi paling terbaru dari Gucup Antivirus atau GAV adalah GAV 3.4.2 namun untuk versi stabil yang dapat berjalan di Windows 7 32 maupun 64-Bit adalah versi GAV 3.3.9. Anda dapat mendownload GAV 3.3.9 (Update Database 3.4.2) dan GAV 3.4.2 melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
GAV 3.3.9 (Database 3.4.2) Zip (Executable) DAILYUPLOADS
GAV 3.3.9 (Database 3.4.2) Zip (Executable) MEDIAFIRE
Gucup Antivirus 3.4.2 Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Gucup Antivirus 3.4.2 Zip (Executable) MEDIAFIRE

6. Kompas Antivirus 3.5.0

Kompas Antivirus merupakan salah satu Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang menawarkan perlindungan secara real-time dari virus terbaru serta dapat digunakan berdampingan dengan antivirus lain. Dengan kemampuan scan yang relatif cepat dan pilihan mode scan yang praktis, anda dapat dengan mudah menjaga keamanan komputer dari ancaman virus. Selain itu Kompas Antivirus dilengkapi fitur canggih seperti Exe Blocker dan Script Blocker untuk memblok ancaman ransomware / malware pengenkripsi data.

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Kompas Antivirus 3.5.0

Kompas Antivirus juga memiliki Engine Dual Core dimana dapat diintegrasikan dengan Engine ClamAV sehingga mampu mendeteksi lebih dari 5 juta virus yang menyebar di dunia. Saat ini versi terbaru dari Kompas Antivirus adalah Kompas Antivirus 3.5.0. Anda dapat mendownload Kompas Antivirus 3.5.0 melalui link berikut ini   :

Software Name Type Server Download
Kompas Antivirus 3.5.0 Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Kompas Antivirus 3.5.0 Zip (Executable) MEDIAFIRE
Kompas Antivirus 3.5.0 + ClamAV Zip (Executable) DAILYUPLOADS
Kompas Antivirus 3.5.0 + ClamAV Zip (Executable) MEDIAFIRE

7. Blue Atom Antivirus Quadro 4.1

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Blue Atom Antivirus Quadro 4.1

8. Avigen Antivirus Ultimate 3.0

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Avigen Antivirus Ultimate 3.0

9. Simple Machine Protect 1.9.4

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Simple Machine Protect 1.9.4

Selain itu ada juga beberapa antivirus lainnya yang dibuat sayangnya sebagian besar masih terdapat bug (kode error) serta beberapa diantaranya memiliki ciri-ciri dan menu yang sama jika dilihat dari ciri-cirinya entah memang dikembangkan dari satu Open Source Code Antivirus Lokal yang sama atau memang hanya kebetulan memiliki kemiripan saja. Hampir sebagian besar sudah tidak dikembangkan lagi. Antivirus-antivirus lokal ini juga cukup sulit ditemukan karena hampir semua server hosting yang menyediakannya telah menghapusnya. Namun, disini anda dapat menemukannya karena saya menyediakannya sebagai koleksi untuk anda semua.

10. Inpag Antivirus 2014 Build 5.03.0198

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Inpag Antivirus 2014 Build 5.03.0198

11. Spensa Antivirus (Spensav) 7.0

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Spensa Antivirus (Spensav) 7.0

12. Diyusof Antivirus 2014

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Diyusof Antivirus 2014

13. Anjav Antivirus 2014

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Anjav Antivirus 2014

14. ScreaMAV Antivirus 1.5

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
ScreaMAV Antivirus 1.5

15. AVANSI Antivirus 2015

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
AVANSI Antivirus 2015

16. EURA Antivirus 2.8

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
EURA Antivirus 2.8

17. HDCT ANTIVIRUS 5.3 (Build 2)

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
HDCT ANTIVIRUS 5.3 (Build 2)

18. RR Antivirus Plus 2015 (RRAV)

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
RR Antivirus Plus 2015 (RRAV)

19. Morphost Antivirus 8

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Morphost Antivirus 8

20. SecureX

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
SecureX

21. Artav Antivirus

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Artav Antivirus

22. MANTAV Antivirus

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
MANTAV Antivirus

23. Power Remover 3.7.1 (Unstable)

Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia
Power Remover 3.7.1 (Unstable)

Selain 23 Antivirus lokal yang cukup familiar diatas, ada juga tambahan beberapa aplikasi antivirus buatan indonesia yang sebagian besar diantaranya memang belum terlalu dikenal banyak orang karena memang sudah tidak dikembangkan lagi atau dengan kata lain telah Discontinue. Adapun antivirus lokal tersebut yaitu   :

24. AFSAV

25. ELKAV Antivirus

26. Al-Antivirus

27. KENDAL-AV

28. KISAV32

29. NAVI

30. MALEOAV

31. PCPAV

32. ALFATH-AV

33. AVS-32

34. Anti-Indovir

35. Virspector-AV

36. XorexAV

37. PERADNYA

38. ANTV

39. SCANLIX

40. OGAV

41. TheKillerMachine

42. AVINDO

43. OASAV

44. ANDRE-AV

45. N-CODED AV

46. JENONK-AV

47. KVS

48. SMART32

49. MAWAR-AV

50. RIEYSHA-AV

51. ALI-AV

52. HPV

53. AV350

54. AVEL

55. Uplisoft

56. ShiguadAv 2014

57. Mapix Antivirus 3.2.2013

58. Fortrant Antivirus

59. RildwAV Antivirus

60. Wan’iez Antivirus

61. AmoVast Antivirus Hunter 2013

62. CK’D Antivirus 1.0

63. SMK Antivir Pro 2.0.6

64. PramAV 0.1.7

65. Nasca 2013 rev 1.4

66. Wedash Antivirus

Nah, itulah Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia yang pernah dibuat walaupun sebagian diantaranya sudah discontinue setidaknya beberapa diantaranya masih populer sampai sekarang dan hampir sebagian besar pengguna masih tetap setia menggunakan antivirus lokal tersebut. Semoga artikel mengenai Aplikasi Antivirus Buatan Indonesia tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*