Cara Update BIOS Mainboard ASUS

Cara Update BIOS Mainboard ASUS

Cara Update BIOS Mainboard ASUS. Syalom semuanya, sesuai dengan judul artikel diatas pada kesempatan kali ini NALHACKER akan share mengenai Cara Update BIOS Mainboard ASUS. ASUS merupakan vendor asal Taiwan yang merupakan salah salah satu produsen Mainboard terbaik di dunia. Mainboard ASUS memiliki berbagai kelebihan diantara berbagai Mainboard lainnya salah satunya yaitu menyediakan fitur EFI BIOS Utility yaitu fitur berbasis antarmuka yang modern dan canggih yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat lainnya.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS

Salah satu diantara fitur tersebut adalah EZ-Flash yang berfungsi untuk melakukan Update BIOS dengan mudah. Hampir berbagai Mainboard ASUS dilengkapi dengan fitur EZ-Flash ini sehingga memudahkan untuk melakukan Update BIOS. Update BIOS merupakan proses pembaruan data pada IC Chip BIOS yang dapat meningkatkan performa dan kinerja CPU sehingga lebih stabil serta dukungan terhadap perangkat keras ataupun dukungan terhadap perangkat lunak terbaru.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
Mainboard ASUS

Langkah-Langkah Update BIOS Mainboard ASUS

Nah, untuk melakukan Update BIOS menggunakan EZ-Flash, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini   :

1. Siapkan sebuah PC yang akan kita Update BIOS.
2. Siapkan File Update BIOS sesuai dengan tipe Mainboard (Download di ASUS Support).
3. Siapkan Flashdisk yang telah diformat menggunakan file system FAT16 atau FAT32.
4. Pastikan listrik stabil selama proses Update BIOS berlangsung (Gunakan UPS).
Jika sudah memenuhi kriteria tersebut, selanjutnya langsung saja ke intinya, untuk Cara Update BIOS Mainboard ASUS berikut ini   :

1. Copy file BIOS tersebut ke dalam Flashdisk kemudian ekstrak selanjutnya sambungkan Flashdisk tersebut ke PC. Setelah itu nyalakan PC kemudian masuk ke menu BIOS (biasanya menggunakan tombol DEL atau tombol F2). Jika sudah masuk ke BIOS EFI Utility seperti pada gambar berikut, klik Exit/Advanced Mode yang terdapat di di sudut kanan atas.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
2. Selanjutnya, pilih Advanced Mode.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
3. Bagian yang berada di dalam kotak kuning menampilkan informasi dan versi BIOS yang sedang digunakan PC. Jika versi BIOS anda telah menggunakan versi terbaru, hal ini berarti anda tidak perlu lagi melakukan Update BIOS. Sebaliknya, jika anda masih menggunakan versi BIOS lama, maka sebaiknya melakukan Update BIOS. Untuk melakukan Update BIOS, klik Tool.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
4. Kemudian klik ASUS EZ Flash 2 Utility.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
5. Selanjutnya anda akan melihat daftar partisi-partisi harddisk/drive yang ada di PC anda. Pilihlah drive Flashdisk yang tadi kita gunakan menyimpan file Update BIOS berekstensi .ROM seperti pada contoh dibawah ini file Update BIOS P8H61-M-LX3-PLUS-ASUS-0412.ROM.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
6. Klik dua kali pada file tersebut, selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi, klik OK.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
7. Jika file Update BIOS telah sesuai dengan motherboard ASUS yang digunakan, maka akan tampil informasi versi BIOS pada file .ROM tersebut seperti pada contoh dibawah yang ditandai dengan kotak kuning. Jika tidak sesuai, sebaliknya akan muncul peringatan error. Selanjutnya untuk melakukan Update BIOS, klik OK dan tunggu hingga proses Update BIOS selesai.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
8. Jika proses Update BIOS telah berhasil, maka akan muncul pesan Update successfully! System Will Be Reset! seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik OK untuk merestart komputer.

Cara Update BIOS Mainboard ASUS
Nah, ternyata Cara Update BIOS Mainboard ASUS sangat mudah. Untuk anda yang tidak dapat mengakses EZ-Flash atau kesulitan untuk mengupdate BIOS pada Mainboard anda menggunakan EZ-Flash, silahkan lihat Cara Update BIOS Mainboard ASUS (Alternatif).

Related Article

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*