Berbagai Kekurangan Matahari Mall

Berbagai Kekurangan Matahari Mall
Berbagai Kekurangan Matahari Mall. Syalom semuanya, sesuai dengan judul artikel diatas pada kesempatan kali ini NALHACKER ingin share mengenai Berbagai Kekurangan Matahari Mall. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Matahari Mall kini menjadi raksasa e-commerce no 1 di Indonesia karena berbagai kemudahan dan kenyamanan yang ditwarkannya terhadap pembeli. Namun, dibalik itu semua masih banyak yang harus dibenahi oleh Matahari Mall untuk meningkatkan kualitas layanannya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini NALHACKER akan menulis kelemahahan-kelamahan tersebut sehingga nantinya dapat digunakan sebagai acuan guna penyempurnaan layanan Matahari Mall.

Berbagai Kekurangan Matahari Mall

Nah, langsung saja seperti apa kekurangan Matahari Mall tersebut, berikut ini merupakan beberapa kekurangan Matahari Mall menurut NALHACKER.

1. Belum Support Untuk Ponsel BlackBerry

Jika anda pemilik Blackberry OS7 semisal BlackBerry Monza atau Bellagio, tentu anda akan mengeluh ketika membuka situs Matahari Mall, pasalnya situs Matahari Mall tidak akan support untuk dibuka di ponsel anda. Selain itu tidak ada aplikasi Matahari Mall yang support untuk perangkat Blackberry OS7. Hal ini sebenarnya berpengaruh juga pada keuntungan Matahari Mall, karena hingga saat ini masih banyak pengguna Blackberry OS7 dan mereka tidak dapat membuka situs Matahari Mall untuk berbelanja secara online.

2. Seringkali Bug Pada Menu Pembayaran

Bug pada menu pembayaran ini seringkali terjadi ketika anda memilih melakukan pembayaran melalui Permata Virtual Account dengan verifikasi otomatis. Saat anda mengganti metode pembayaran ke lainnya, maka akan muncul pesan error. Hal ini tentu berpengaruh pada keuntungan Matahari Mall, pasalnya konsumen yang tadinya hendak memesan barang dalam jumlah banyak ketika menuju menu untuk melakukan pembayaran dan mengalami error tentu akan memutuskan untuk membatalkan pesanannya. Bahkan dapat saja menjadikan pengalaman tersebut sebagai kesan buruk berbelanja di Matahari Mall dan tidak akan berbelanja lagi di Matahari Mall.

3. Pembeli Tidak Dapat Berkomunikasi Dengan Penjual

Tidak adanya komunikasi antara pembeli dengan penjual ini merupakan kelemahan paling utama pihak Matahari Mall. Pembeli pada umumnya lebih menyukai bila dapat berkomunikasi dengan penjual untuk mengetahui detail barang sebelum dibeli misalnya spesifikasi yang tidak dicantumkan, kualitas barang hingga keaslian barang yang dijual. Dengan tidak adanya fitur ini pembeli tak jarang banyak yang membatalkan pesanannya di Matahari Mall karena ragu barang yang dipesan nantinya akan berbeda dengan yang didapatkan.

4. Seringkali Penjual Lalai Memeriksa Barang Sebelum Dikirim

Kelalaian penjual dalam hal memeriksa barang sebelum dikirim ini pernah saya alami terutama pada waktu belanja pertama kalinya di Matahari Mall. Meja Laptop yang saya beli bagian kiri engselnya patah walaupun memang masih dapat digunakan. Dalam hal ini saya merasa kecewa namun disatu sisi Meja Laptop tersebut harganya begitu murah sehingga mengurungkan niat saya untuk meretur barang tersebut. Selain itu saya juga pernah memesan Flashdisk Toshiba Ultra Mini 16 Gb USB 3.0 namun yang dikirimkan malah Toshiba Hayabusa murahan dan jelek, saya lupa penjualnya apa namanya. Hal seperti ini sangatlah penting untung diperhatikan mengingat bukan hanya saya melainkan rekan saya juga pernah menerima pesanan dari Matahari Mall namun kartonnya justru kosong tanpa ada isinya entah lupa dimasukan barangnya atau bagaimana yang jelas dalam hal ini penjualnya yaitu D*e*t C*m*us*op saya anggap lalai memeriksa barang sebelum dikirim.

5. Deskripsi Produk Yang Kurang Jelas Dan Asal Copas

Deskripsi produk yang kurang jelas yang saya maksudkan disini adalah hampir sebagian besar produk. Sebagai contoh pada saat saya browsing untuk membeli Iphone 6, ketika melihat deskripsinya saya tertarik untuk membeli karena menggunakan Chipset A9 dan Kamera primer 12 Mp dan sekunder 5 Mp, namun saat sedang asyik membaca tiba-tiba di deskripsi yang tertulis itu ternyata adalah spesifikasi Iphone 6s Plus, untuk saya sedikit jeli sebelum membeli kalau tidak maka saya akan menyesal tentunya karena Iphone 6 berbeda dengan Iphone 6s Plus. Selain itu pada umumnya hampir semua deskripsi produk adalah hasil copas bahkan tak jarang tanda-tanda baca juga ikut dimasukan ke dalam deskripsi prosuk yang sebenarnya merupakan hasil copy paste dari produk lainnya yang sejenis. Seharusnya piha Matahari Mall dapat mengawasi hal-hal seperti ini demi kenyamanan konsumen.

6. Spesifikasi Yang Terkadang Kurang Jelas

Tidak hanya deskripsi yang kurang jelas, spesifikasi juga terkadang kurang jelas seperti Harddisk apakah ini 5400 RPM atau 7200 RPM terkadang tidak dituliskan rinci, hanya beberapa penjual saja yang menjelaskan secara rinci tentang produk mereka. Namun sebagian besar tidak menjelaskan detail tentang produk mereka. Hal ini seharusnya menjadi perhatian bagi pihak Matahari Mall agar nantinya dapat memberlakukan aturan untuk para penjual yang menjual produk mereka di matahari Mall. Dengan adanya spesifikasi jelas dari barang atau produk yang dijual akan memperngaruhi jumlah pembeli di Matahari Mall karena tidak semuanya berpedoman pada gambar melainkan informasi detail produk.

7. Gambar Terkadang Berbeda Dengan Produk Yang Datang

Kemudian yang berikutnya adalah gambar pesanan yang berbeda dengan produk yang datang. Harusnya diberlakukan semacam teguran untuk penjual yang hanya mempergunakan gambar fake atau hasil editan guna menarik pengunjung padahal barang yang dijual jauh berbeda dengan yang di gambar. Akan lebih baik jika barang yang ditampilkan di Matahari Mall merupakan potretan dari barang asli yang dimiliki para penjual.

8. Konfirmasi Pesanan Yang Cukup Lama

Waktu Konfirmasi pesanan di Matahari Mall juga sepertinya terlalu lama yaitu 2-3 hari untuk verifikasi manual. Hal ini berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang ingin terburu-buru mendapatkan pesanannya. Beruntung bagi kalangan menengah keatas yang pada umumnya menggunakan verifikasi otomatis dengan biaya Rp. 6500. Namun untuk kalangan kebawah sepertinya masih ada yang merasa berat dengan tarif tersebut sehingga tidak semua dapat menggunakan verifikasi secara otomatis. Pihak Matahari Mall yang sebesar itu tentunya harus diimbangi dengan jumlah karyawan yang banyak agar dapat mengurangi waktu konfirmasi pesanan dari antrian. Semakin banyak karyawan di bagian konfirmasi pesanan tentu akan lebih memperkecil antrian.

Nah, itulah Berbagai Kekurangan Matahari Mall yang NALHACKER rasa perlu tuliskan agar nantinya dapat menjadi masukan serta ditindaklanjuti demi menciptakan kepuasan di hati para konsumen yang setia dengan Matahari Mall. Jika kelemahan-kelemahan tersebut dapat diperbaiki oleh Matahari Mall, maka bersiaplah karena tidak ada lagi E-Commerce yang mampu mengalahkan Matahari Mall dari segi layanan maupun lainnya. Matahari Mall Is The Best !

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*