Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade)

Cara Update BIOS (Upgrade)

Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade). BIOS sebagai Basic Input Dan Output adalah komponen utama yang sangat diperlukan untuk inisialisasi perangkat seperti mainboard, prosesor, memory, harddisk dan komponen lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya BIOS selalu diusahakan terupdate dengan baik mengingat BIOS merupakan hal penting dan sebagai salah satu faktor yang dapat memperpanjang usia PC/Laptop anda.

Keuntungan Dari Update BIOS

Selain itu, disamping dapat memperpanjang usia PC/Laptop anda, Update BIOS juga memiliki keuntungan lainnya yakni   :

  1. Dukungan terhadap perangkat baru (pengenalan komponen hardware)
  2. Peningkatan kinerja PC/Laptop (akses yang lebih baik)
  3. Perbaikan terhadap bug/kode error sehingga PC/Laptop menjadi lebih stabil

Nah, mengingat banyaknya manfaat dari Update BIOS tersebut, pada kesempatan kali ini NALHACKER akan mengajari anda Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade) Langsung saja ikuti baik-baik petunjuk berikut ini.

Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade)
Cara Update BIOS atau yang juga dikenal dengan Upgrade BIOS sebenarnya tidaklah sulit, untuk melakukannya hal pertama yang perlu anda butuhkan adalah mendapatkan informasi mengenai versi BIOS yang ada di PC/Laptop anda. Untuk mendapatkan informasi BIOS yang digunakan di PC/Laptop anda, anda dapat menggunakan bantuan aplikasi seperti CPU-Z atau sejenisnya seperti GPU-Z. Atau anda juga dapat menggunakan aplikasi Microsoft DirectX Diagnostics bawaan Windows untuk mengetahuinya.
Sebagai contoh informasi bios dapat anda lihat pada gambar berikut ini   :

Cara Update BIOS (Upgrade)

Seperti pada gambar diatas menggunakan BIOS dari American Megatrends yang terkenal dengan nama AMI. Selain itu ada juga Phoenix, Inside dan sebagainya.

Dengan menggunakan CPU-Z, anda dapat mengenali produsen BIOS yang terdapat pada PC/Laptop anda. selanjutnya tinggal anda download versi BIOS sesuai dengan tipe bios anda atau anda dapat mengunjungi situs resmi produsen Laptop anda, biasanya terdapat di menu Support & Driver. Atau anda dapat menggunakan Google untuk mencarinya. Berikut ini beberapa Brand ternama dan alamatnya untuk download file BIOS.

Untuk PC/Laptop DELLKLIK DISINI
Untuk PC/Laptop Acer, KLIK DISINI
Untuk PC/Laptop TOSHIBA, KLIK DISINI
Untuk PC/Laptop HP/COMPAQKLIK DISINI
Untuk PC/Laptop LENOVOKLIK DISINI

Nah, jika sudah ketemu pastikan BIOS yang anda download sesuai dengan tipe BIOS yang digunakan di PC/Laptop anda. Jika berbeda resikonya PC/Laptop anda akan blank atau bahkan mati total.

Biasanya update BIOS berupa file “exe” (Executable) sehingga tinggal anda jalankan seperti halnya menjalankan aplikasi biasa pada umumnya. Bedanya jika menjalankan aplikasi untuk mengupdate BIOS, anda harus menutup semua aplikasi lain yang sedang berjalan dan jangan lupa untuk menonaktifkan proteksi antivirus atau windows update agar tidak menggangu jalanya proses Update BIOS.

Nah, demikian tulisan NALHACKER mengenai Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade). Semoga artikel Cara Flash BIOS Atau Update BIOS (Upgrade) diatas tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Keyword & Tag

»  Cara Flash BIOS
»  Cara Flash BIOS (Upgrade)
»  Cara Update BIOS
»  Cara Update BIOS (Upgrade)
»  Cara Upgrade BIOS
»  Cara Update Versi BIOS
»  Cara Update Versi BIOS (Upgrade)
»  Cara Update Data BIOS
»  Cara Update Data BIOS (Upgrade)
»  Cara Update System BIOS
»  Cara Update System BIOS (Upgrade)

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*