Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop
Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop. Syalom semuanya, sesuai dengan judul artikel diatas pada kesempatan kali ini NALHACKER ingin share mengenai Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop. Seringkali tidak sedikit NALHACKER menjumpai Ultrabook, Notebook maupun Netbook yang mengalami kerusakan pada Port USB-nya sehingga Port USB benar-benar tidak berfungsi sedikitpun sementara drivernya semua terinstall dengan baik tanpa ada masalah.
Selain itu, ada juga yang ketika dicolokan muncul notfifikasi “USB Not Recognized” ataupun “Unknown Device” padahal Flashdisk ataupun Harddisk Eksternal yang terpasang benar-benar berfungsi jika terpasang di Laptop lain. Tentunya ini adalah masalah yang cukup serius mengingat Port USB memiliki fungsi dan peranan yang penting sebagai kunci utama untuk transfer data. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan saja silahkan simak baik-baik tips dari NALHACKER berikut ini   :
  1. Hal pertama yang anda harus lakukan adalah memastikan bahwa Laptop (Notebook atau Netbook) tersebut tidak mengalami kegagalan pada power, dalam artian menyala dengan normal baik menggunakan baterai saja ataupun charger saja kemudian kombinasi keduanya lalu nyalakan. Jika dapat menyala dengan baik berarti tidak ada masalah.
  2. Yang kedua, jika langkah pertama semua berjalan dengan baik periksa pengaturan BIOS apakah dukungan terhadap USB aktif atau tidak, terutama USB Legacy apakah dalam keadaan Enable atau Disable, jika dalam keadaan Enable berarti semuanya baik-baik saja.
  3. Langkah ketiga adalah memastikan apakah pengaturan USB pada Device Manager dalam kondisi Enable atau Disable. Jika dalam keadaan Enable berarti tidak ada masalah. 
  4. Langkah keempat adalah memastikan apakah anda tidak menginstall aplikasi untuk memblokir atau menonaktifkan fungsi USB Port. Jika tidak berarti sekali lagi tidak ada masalah.
Nah,  langkah tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan Upgrade BIOS serta reinstalasi Chipset Driver. Untuk Upgrade BIOS, sebaiknya lakukan dengan hati-hati mengingat BIOS merupakan Basic Input Output System dalam artian bagian penting yang mengatur segala komponen yang terpasang pada Laptop. Jika versi firmware BIOS tidak sesuai dengan Laptop anda maka dapat dipastikan Laptop anda tidak akan menyala lagi. Oleh karena itu pastikan baik-baik versi BIOS serta sesuaikan dengan Seri Laptop anda.
Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop
Ilustrasi USB Port Laptop
Berdasarkan pengalaman NALHACKER ketika Mengatasi Permasalahan USB Yang Tidak Berfungsi di Laptop Toshiba Satellite L740, yang NALHACKER lakukan adalah dengan melakukan Upgrade BIOS dari versi 2.30 ke 2.70 setelah itu NALHACKER menginstall Chipset Driver. BIOS yang fungsinya mengatur komponen yang terpasang pada Laptop (Notebook dan Netbook) merupakan kunci utama yang menentukan dukungan terhadap semua komponen yang terpasang pada Laptop, sementara Chipset yang terdiri atas Northbridge dan Southbridge merupakan komponen yang mengatur lalu lintas antar Hardware dimana mulai dari Prosesor, Harddisk, Graphics, Memory, Keybpard, USB, Audio semuanya diatur oleh Chipset.
Setelah melakukan langkah-langkah seperti yang NALHACKER tuliskan diatas, Laptop Toshiba Satellite L740 tersebut dapat berfungsi dengan Normal dan lebih cepat, terutama pada Port USB. Itulah Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop. Semoga artikel NALHACKER mengenai Cara Mengatasi USB Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*