Perbedaan Antara Koneksi Http Dan Socket Pada Opera Mini

Syalom semuanya, sesuai dengan judul artikel yang saya posting diatas, yaitu Perbedaan Antara Koneksi Http Dan Socket Pada Opera Mini, pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan kepada anda apa Perbedaan Antara Koneksi Http Dan Koneksi Socket Pada Opera Mini. Opera Mini merupakan aplikasi web browser yang gratis, ringan, dan cepat untuk digunakan pada Handphone maupun Smartphone dengan berbagai Platform OS. Selain itu, Opera Mini juga memberikan keleluasaan untuk mengkostumisasi pengaturannya termasuk didalamnya jenis koneksi yang akan digunakan.

Opera Mini memiliki 2 jenis protokol yaitu Koneksi Http Dan Koneksi Socket. Anda dapat mengganti koneksi pada Opera Mini sesuka hati anda dengan mengakses menu Tools > Settings > Network > Protocol kemudian memilih Http atau Socket. Kedua jenis koneksi ini memiliki perbedaan masing-masing. Dan berhubung banyak teman-teman yang meminta penjelasan mengenai perbedaan antara Koneksi Http Dan Koneksi Socket, dalam kesempatan saya kali ini saya ingin menerangkan kepada anda semua berdasarkan apa yang saya terjemahkan dan pelajari dari Opera Mini Faq. Langsung saja ke pembahasan, perbedaan antara kedua jenis koneksi tersebut adalah sebagai berikut :

Jika anda memilih untuk menggunakan Koneksi Socket, Opera Mini akan membuka koneksi ke Server Opera Mini yang terus tersambung secara Real Time sampai Provider anda yang memutuskan koneksi tersebut (Packet Data Connecion Ended). Ini berarti halaman akan ditampilkan dengan lebih cepat dan server Opera Mini dapat melakukan Update ke Handphone anda contohnya seperti mengupdate Bookmarks melalui Opera Link. Sedangkan Jika anda memilih untuk menggunakan Koneksi Http, Opera Mini hanya akan membangun koneksi ke Server Opera Mini setiap kali anda membuka halaman. Ini berarti Opera Mini tidak akan melakukan Update Bookmarks ke Handphone anda.
Sayangnya, tidak semua tipe Handphone mendukung koneksi berbasis Socket. Oleh karena itu, jika anda menggunakan Koneksi Socket dan menemukan masalah, silahkan ulangi hinga ±3 kali. Jika sudah melampaui 3 kali dan koneksi tetap gagal untuk dilakukan, berarti tipe Handphone anda tidak mendukung koneksi berbasis Socket dan anda harus menggantinya ke Koneksi Http. Pengalaman saya selama ini, penggunaan Koneksi berbasis Socket jauh lebih cepat dibandingkan dengan Koneksi berbasis Http. Bahkan ketika memuat halaman, progress bar Opera Mini akan berjalan lancar tanpa terputus seperti yang biasanya terjadi pada koneksi berbasis Http.
Setelah membaca penjelasan saya mengenai Perbedaan Antara Koneksi Http Dan Socket Pada Opera Mini tersebut, tentunya anda sudah cukup paham dan mampu untuk memutuskan mana pilihan koneksi yang terbaik untuk digunakan pada Opera Mini yang terdapat pada Handphone anda. Nah, semoga artikel saya ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang membutuhkannya.

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*