Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para AhliPengertian HAM Menurut Para Ahli. Hak Asasi Manusia atau yang biasa dikenal dengan istilah HAM pada dasarnya memiliki pengertian yang sangat luas. Secara Umum, Pengertian HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh setiap pribadi manusia sebagai anugerah dari Tuhan yang didapat sejak lahir. Sedangkan Pengertian HAM menurut perserikatan bangsa bangsa (PBB) adalah hak yang melekat pada kemanusiaan kita sendiri, yang tanpa hak itu kita mustahil dapat hidup sebagai manusia. Seringkali kita mendengar mengenai pelanggaran-pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu, Hak Asasi Manusia perlu untuk kita pelajari. Banyak Para Ahli yang mencoba merumuskan, mendefenisikan dan mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian Hak Asasi Manusia (HAM).

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Dengan begitu banyakanya Definisi Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli tersebut, maka kita akan lebih mudah untuk mempelajari dan memahami mengenai Hak Asasi Manusia. Berikut ini adalah beberapa diantara sekian banyak Definisi Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli, antara lain   :

1. Pengertian HAM Menurut Prof. John R. Locke

Menurut Prof. John R. Locke, HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan yang Maha Pencipta sebagai sesuatu yang bersifat kodrati. Ia menyatakan macam-macam Hak Asasi Manusia yang pokok adalah   :

  • Hak hidup (the rights to life);
  • Hak kemerdekaan (the rights of liberty);
  • Hak milik (the rights to property).

2. Pengertian HAM Menurut Kevin Boyle dan David Beetham

Menurut Kevin Boyle dan David Beetham, HAM adalah hak-hak individual dan berasal dari berbagai kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

3. Pengertian HAM Menurut G. J. Wolhos

Menurut G. J. Wolhos, HAM merupakan sejumlah hak yang sudah melekat serta mengakar dalam diri setiap manusia di dunia dan hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan HAM orang lain sama dengan menghilangkan derajat kemanusiaan.

4. Pengertian HAM Menurut Leah Kevin

Menurut Leah Kevin, Konsepsi tentang hak-hak asasi manusia mempunyai dua makna dasar. Yang pertama adalah bahwa hak-hak hakiki dan tak terpisahkan menjadi hak seseorang hanya karena ia merupakan manusia. Hak-hak itu merupakan hak-hak moral yang berasal dari keberadaannya sebagai manusia dari setiap umat manusia. Makna kedua dari hak-hak asasi manusia ialah hak-hak hukum, baik secara internasional atau nasional.

5. Pengertian HAM Menurut C. de Rover

Menurut C. de Rover, HAM adalah hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita. Walaupun hak-hak yang telah mereka langgar akan tetapi ham mereka tetap tidak dapat dihilangkan. Hak asasi adalah hukum, yang mesti terlindungi dari aturan nasional agar semuanya terpenuhi sehingga ham dapat ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

6. Pengertian HAM Menurut Prof. Peter R. Baehr

Menurut Prof. Peter R. Baehr, HAM adalah hak dasar yang mutlak dan harus dimiliki setiap insan untuk perkembangan dirinya.

7. Pengertian HAM Menurut Prof. Alan J. Milne

Menurut Prof. Alan J. Milne, HAM adalah suatu hak yang sudah dimiliki oleh semua umat manusia di dunia, di segala masa, dan juga di segala tempat karena keutamaan keberadaannya adalah sebagai manusia.

8. Pengertian HAM Menurut Prof. Karel Vasak

Menurut Prof. Karel Vasak, HAM di klasifikasikan dari tiga generasi yang terinspirasi oleh tiga tema pada Revolusi Perancis, yaitu: Generasi Pertama; Hak Politik dan Sipil (Liberte); Generasi Kedua, Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya (Egalite) dan Generasi Ketiga, Hak Solidaritas (Fraternite). Tiga generasi tersebut perlu dipahami sebagai satu kesatuan, saling melengkapi dan saling berkaitan. Vasak menggunakan istilah “generasi” untuk menunjuk pada ruang lingkup dan substansi hak-hak yang diprioritaskan pada satu kurun waktu tertentu.

9. Pengertian HAM Menurut Haar Tilar

Menurut Haar Tilar, HAM adalah hak hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut diperoleh sejak lahir ke dunia.

10. Pengertian HAM Menurut J. Austin Ranney

Menurut J. Austin Ranney, Hak Asasi Manusia adalah ruang kebebasan individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.

11. Pengertian HAM Menurut Prof. Jack Donnelly

Menurut Prof. Jack Donnelly, HAM adalah hak-hak yang dimiliki oleh manusia semata-mata dikarenakan dia sebagai seorang manusia. Umat manusia memilikinya bukan karena yang diberikan kepadanya oleh masyarakat atau mengacu pada hukum positif, melainkan itu berdasar pada adanya martabat sebagai seorang manusia dan Hak tersebut merupakan suatu pemberian Tuhan.

12. Pengertian HAM Menurut Prof. Dr. Dardji Darmodiharjo, SH

Menurut Prof. Dr. Dardji Darmodiharjo, SH, HAM adalah hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

13. Pengertian HAM Menurut Prof. Miriam Budiardjo

Menurut Prof. Miriam Budiardjo, HAM adalah hak yang dimiliki setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia, hak itu sifatnya universal sebab dipunyai tanpa adanya perbedaan kelamin, ras, budaya, suku, agama maupun sebagainya.

14. Pengertian HAM Menurut Prof. Dr. Kuntjoro Purbopranoto

Menurut Prof. Dr. Kuntjoro Purbopranoto, HAM adalah suatu hak yang sifatnya asasi atau mendasar. Hak-hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

15. Pengertian HAM Menurut Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., S.H.

Menurut Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., S.H., HAM adalah hak yang melekat pada martabat setiap manusia yang mana hak tersebut dibawa sejak lahir ke dunia sehingga pada hakikatnya hak tersebut bersifat kodrati.

16. Pengertian HAM Menurut Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, SJ

Menurut Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, SJ, HAM adalah hak-hak yang sudah dipunyai pada setiap manusia dan bukan karena diperoleh dari masyarakat (manusia lain). Bukan karena hukum positif yang berlaku, tapi atas martabatnya sebagai seorang manusia. Manusia mempunyai HAM karena ia merupakan manusia.

17. Pengertian HAM Menurut Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji, HAM ialah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan dari ciptaan Tuhan YME yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun (manusia / kelompok lain).

18. Pengertian HAM Menurut Prof. Dr. H. Muladi, SH

Menurut Prof. Dr. H. Muladi, SH, HAM adalah segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

Demikianlah Definisi Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli. Semoga artikel berjudul Definisi Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Definisi HAM Menurut Para AhliPengertian HAM Menurut Para AhliDefinisi HAM Menurut AhliPengertian HAM Menurut AhliHAM Menurut Para AhliDefinisi Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Related Article

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*